INVESTASI WAKTU UNTUK MULAI BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN SEMANGAT ADALAH SEBUAH LANGKAH PASTI MENUJU KEHIDUPAN BARU DI MANA KITA AKAN MULAI MENGETAHUI APA MAKSUD الله DALAM FIRMAN-NYA AL-QURAN DAN APA MAKSUD SELURUH HADIST RASULULLOH SAW !!!

Selasa, 15 Juli 2025

Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia SD AL FALAH DARUSSALAM





 

Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia SD AL FALAH DARUSSALAM

Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia untuk siswa kelas 5 merupakan bentuk evaluasi yang dirancang untuk mengukur penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tes ini mencakup aspek-aspek penting yang telah diajarkan selama pembelajaran di kelas, dan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu memahami, menerapkan, serta menganalisis materi Bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum Merdeka atau Kurikulum 2013.

Tujuan Tes

  1. Mengukur kemampuan memahami bacaan dan isi teks (literasi dasar).

  2. Menilai kemampuan dalam menulis kalimat atau paragraf dengan struktur bahasa yang benar.

  3. Mengidentifikasi unsur-unsur kebahasaan, seperti penggunaan tanda baca, ejaan, dan struktur kalimat.

  4. Menguji keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca dengan pemahaman.

Ruang Lingkup Materi

Beberapa materi yang biasanya diuji dalam Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia di Kelas  antara lain:

  • Teks Narasi dan Deskriptif: Memahami isi cerita, tokoh, latar, dan amanat.

  • Teks Prosedur: Mengenali langkah-langkah dan tujuan suatu teks prosedur.

  • Puisi: Menangkap makna, diksi, dan pesan dalam puisi sederhana.

  • Penggunaan EYD: Menulis dan mengenali kalimat dengan ejaan dan tanda baca yang benar.

  • Kosakata dan Sinonim/Antonim: Memperluas perbendaharaan kata.

  • Menulis Paragraf: Menyusun paragraf runtut dan logis berdasarkan gambar atau tema tertentu.

  • Menyimak dan Menanggapi Informasi Lisan.

Bentuk Soal

  • Pilihan ganda

  • Isian singkat

  • Uraian pendek

  • Soal berbasis gambar atau teks

Manfaat Tes

  • Sebagai evaluasi formatif dan sumatif bagi guru.

  • Menjadi dasar perbaikan pembelajaran dan penguatan literasi.

  • Memberi gambaran awal terhadap kesiapan siswa menghadapi ujian akhir atau asesmen nasional.

Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia

TKD  KELAS 5

Minggu, 13 Juli 2025

Tes Kemampuan Dasar IPAS SD Al Falah Darussalam 2025-2026

 Tes Kemampuan Dasar IPAS Kelas 5 2025-2026



Formulir ini digunakan untuk melaksanakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) bagi siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dasar siswa terhadap konsep-konsep penting dalam pembelajaran IPAS, seperti pengenalan ekosistem, gaya dan gerak, sumber daya alam, serta interaksi manusia dengan lingkungan.

Hasil dari tes ini akan menjadi bahan evaluasi bagi guru dalam menentukan tingkat penguasaan materi oleh siswa serta sebagai dasar penyusunan program pembelajaran lanjutan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Mohon mengisi data diri dengan lengkap dan mengerjakan setiap soal dengan jujur dan sungguh-sungguh.

Klik link TKD IPAS berikut ya 👇👇👇:

Kelas 5 Di Sini

Kelas 6 Di Sini


LINK GAYA BELAJAR SISWA SD AL-FADAR 2025-2026

 LINK GAYA BELAJAR SISWA SD AL-FADAR 2025-2026



🧠 Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Kamu, cekidot! 


Mengetahui gaya belajar siswa sekolah dasar (SD) bukan sekadar strategi mengajar—ini adalah kunci memahami dunia belajar mereka. Setiap anak memiliki cara unik dalam menyerap informasi, dan dengan mengenali gaya belajar mereka, guru maupun orang tua dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, menyenangkan, dan bermakna.


Berikut alasan mengapa ini sangat penting:


- Meningkatkan hasil belajar

  Siswa akan lebih cepat memahami materi jika metode pembelajaran sesuai dengan cara mereka belajar—baik itu visual, auditori, atau kinestetik.


- Membangun rasa percaya diri

  Anak yang merasa dimengerti cenderung lebih aktif dan percaya diri dalam kegiatan belajar, karena pembelajaran tidak terasa membingungkan atau menekan.


- Mengurangi kebosanan dan stres

  Metode belajar yang tepat dapat membuat anak lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga suasana kelas lebih dinamis dan menyenangkan.


- Mempermudah guru dalam merancang strategi belajar

  Guru dapat menciptakan pendekatan yang lebih personal, memilih metode mengajar yang sesuai, dan menyusun aktivitas yang cocok untuk beragam gaya belajar.


- Mendorong perkembangan potensi unik tiap anak

  Gaya belajar yang dikenali sejak dini membuka jalan bagi anak untuk mengeksplorasi kekuatan mereka, mendorong kreativitas, dan memaksimalkan kemampuan berpikir kritis.


🌱 Anak SD berada di tahap awal pembentukan kebiasaan belajar. Mengetahui bagaimana mereka belajar adalah investasi jangka panjang untuk masa depan pendidikan yang lebih cerah.

Jika kamu ingin mengetahui gaya belajar kamu sesuai survey ini maka kamu klik saja link DI SINI! 

Link Gaya Belajar kelas 6